Serba-serbi Pemanasan Global

Tidak ada isu yang lebih global daripada pemanasan global: setiap orang di Bumi berbagi atmosfer yang sama. Ada tujuh fakta yang hampir tidak terbantahkan tentang pemanasan global: 

(1) Bumi sedang memanas—sekitar 1 derajat Fahrenheit (0,6 derajat Celcius) pada akhir abad lalu; (2) bahkan perubahan yang kecil saja pada temperatur dapat mempunyai efek yang besar; (3) tingkat pemanasan ini belum pernah terjadi, bahkan selama jutaan tahun; (4) ketinggian air laut meningkat—empat sampai delapan inci (sepuluh sampai dua puluh sentimeter) pada akhir abad lalu; (5) perubahan kecil pada ketinggian air laut menghasilkan efek yang besar—misalnya, satu meter kenaikan dapat membanjiri area rendah di seluruh dunia, dari Florida hingga Bangladesh; (6) telah terjadi peningkatan yang sangat besar dari gas- gas yang menimbulkan efek rumah kaca di atmosfer kita, pada tingkat yang diperkirakan tertinggi selama 20 juta tahun dan telah meningkat dengan kecepatan tinggi selama paling tidak 20.000 tahun belakangan ini; dan (7) sangat mungkin kecepatan kenaikan suhu dapat meningkat, dengan sedikit peningkatan konsentrasi gas-gas rumah kaca mengakibatkan perubahan yang lebih besar pada cuaca dibandingkan pada tahun-tahun belakangan ini.

1. Tahukah kamu, sebetulnya ada banyak hal kecil yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala pemanasan global?

Salah satunya dengan tidak menyambungkan arus listrik sebuah peralatan elektronik, sekalipun alat tersebut tidak diaktifkan. Dan baiknya lagi, cara seperti itu ternyata bisa menghemat 40-50% biaya konsumsi listrik kita setiap bulannya.

2. Apakah kamu tahu bahwa kantong plastik menjadi salah satu pemicu semakin parahnya pemanasan global?
Itu karena kantong plastik butuh waktu 1000 tahun untuk terurai di TPA (tempat pembuangan akhir). Dan dalam proses penguraiannya tersebut, timbul siklus kimiawi yang membuat Bumi semakin panas.
Sekitar 300 juta buah kantong plastik dibuang tiap tahunnya di Indonesia. Belum lagi yang dibuang di sungai belakang rumah dan tempat-tempat yang tidak semestinya.
3. Tahukah kamu betapa tidak seimbangnya antara konsumsi kertas dunia dan sumber-sumber alam yang menyediakan bahan bakunya? Sebagai contoh, untuk 10 kg kertas koran yang siap dijual loakan saja membutuhkan 1 pohon yang waktu tumbuhnya mencapai 10 tahun. Apalagi untuk ukuran kebutuhan kertas yang sangat banyak. Parahnya lagi kini ketersediaan bahan baku kertas memang sudah mulai menipis.

4. Tahukah kamu apa kode botol yang aman sebagai wadah air kemasan untuk konsumsi manusia?
Untuk mengetahuinya gampang saja. Silakan lihat tanda di bawah botol minuman terkait. Bila tertera kode nomor 2, 3, atau 4, Anda aman. Selain nomor-nomor itu, jelas tidak aman karena sama saja kita mengonsumsi plastik.

5. Tahukah kamu, salah satu sumber sampah kertas terbesar dunia? Kertas slip bukti transaksi di ATM. Setiap tahun, diperkirakan ada 8 miliar transaksi di ATM, yang ujung-ujungnya mengeluarkan slip transaksi. Dan bila keseluruhan itu digabungkan maka bukan main banyaknya.
6. Apakah kamu tahu sebanyak apa kertas yang bisa disisihkan bila saja transaksi ATM tidak memakai slip receipt?. Kalau selama setahun transaksi ATM tidak memakai kertas receipt, berarti akan menghemat satu rol besar kertas yang bisa dipakai untuk melingkari garis ekuator sampai 15 kali.

7. Tahukah kamu minimal kita memiliki berapa macam tempat sampah di rumah?
Minimal dua. Pertama untuk sampah basah (sisa makanan dan masakan, daun, minuman), dan kedua sampah kering (botol, plastik, kertas, kaca). Dengan demikian, kita sudah membantu mengurangi polusi air, udara, dan tanah. Lebih baik lagi kita memisahkan sampah menurut 4 jenis, yaitu: Plastik (pembungkus makanan, kantong kresek, kantong belanjaan); Rumah tangga (tulang ayam, sisa capcay, makanan basi); Kertas (pembungkus gorengan, popok bayi, tisu yang sudah dipakai); Logam (kaleng susu, kaleng makanan) dan kaca.

8. Tahukah kamu ternyata hanya butuh waktu dua bulan untuk menjadikan sampah rumah tangga menjadi kompos yang bisa dipakai sebagai pupuk tanaman?.

9. Tahukah kamu apa yang harus dilakukan Polar Bear atau beruang Kutub ketika pemasan global mengancam?. Binatang yang sesungguhnya tidak bisa berenang itu, terpaksa harus berenang 30 km untuk mencari es tempat berteduh. Soalnya, es tempat berlindung sebelumnya sudah mencair akibat kenaikan suhu Bumi.

10. Apakah kamu tahu bahwa suhu udara di bumi telah meningkat 1,4 derajat celcius dalam 127 tahun terakhir ini?

11. Tahukah kamu apa salah satu akibat besar yang diterima manusia bila pemanasan global masih terus mengancam?. Gunung es di Kutub akan mencair seluruhnya pada 2040. Itu artinya Bumi akan terendam air, dan kita akan terancam punah karena terpaksa kehilangan tempat tinggal.

12. Tahukah kamu saat ini hanya terdapat 27 gunung es di Kutub yang masih bisa diidentifikasi dari 150 yang tercatat pada 1910?

13. Tahukah kamu bahwa industri di seluruh dunia menghasilkan 332 BMT gas CO2 setiap harinya?
Hal ini diperkirakan 30% lebih besar daripada kemampuan seluruh tumbuhan di muka bumi untuk menyerapnya.

14. Apakah kamu tahu salah satu efek pemanasan global yang sudah terjadi kini?
Suhu permukaan air laut telah meningkat 0,6 derajat celcius dalam 25 tahun terakhir, dan tinggi air taut di seluruh dunia rata-rata meningkat sekitar 14 cm dalam 10 tahun terakhir.

15. Tahukah kamu bahwa mundurnya AS dari Protokol Kyoto telah menyebabkan emisi gas buang CO2 bertambah 20% dari perkiraan semula?. Benua Amerika bagian utara (AS dan Kanada) menyumbang 36% dan seluruh gas buang CO2 di dunia. Tempat kedua diduduki Uni Eropa dengan 13,2%. Cina berada di tempat ketiga dengan 12,4%, berikutnya adalah Rusia dan bekas pecahannya dengan 6,7%, lalu Jepang dengan 5%. Negara-negara terakhir yang masuk dalam kumpulan ini adalah India yang menghasilkan 3,3%, dan Korea Selatan dengan 2,4%.

Gabungan negara-negara industri maju (24 negara) tersebut telah memberi kontribusi 80% gas karbon buangan dunia. Sementara 20% sisanya dibagi rata kepada 159 negara lainnya.

16. Tahukah kamu kelompok negara mana yang memberikan kontribusi paling besar terhadap penyelamatan dunia dan efek pemanasan? Uni Eropa. Melalui Global Restoration Program mereka berani mengalokasikan 220 miliar euro dalam jangka waktu 10 tahun. Target mereka adalah mengurangi gas buangan industri di negara-negara anggota Uni Eropa, serta penghijauan hutan-hutan dunia. Dalam kelompok itu, Jerman adalah negara penyumbang terbesar.

17. Tahukah kamu bahwa PBB memperkirakan 12% penduduk dunia akan mengalami bahaya kelaparan akut, produksi pangan menurun 16% di seluruh dunia, grain price (harga pangan dalam bentuk biji atau bulir, termasuk padi, gandum, dan lain-lain) akan meningkat 100% pada 2010?

18. Apakah kamu tahu ternyata betapa sulitnya meredakan efek pemanasan global yang sudah mulai berlangsung kini?. Hasil observasi dan kalkulasi ilmuwan menunjukkan bahwa kalaupun manusia berhenti menggunakan fossil fuel dan menghentikan produksi pabrik-pabrik sama sekali, serta mematikan semua listrik di dunia ini, maka efek pemanasan global baru akan mereda setelah 100 tahun. Berdasarkan Wigley Model on Global Warming, bahkan jika manusia melakukan hal di atas, maka pada 2100 (penelitian dilakukan pada 2000) suhu udara rata-rata di dunia akan meningkat 4 derajat celcius, dan ketinggian air laut di seluruh dunia akan meningkat 30 cm. Bayangkan apa yang akan terjadi bila saja manusia tidak serius menangani pemanasan global.

19. Tahukah kamu apa yang akan terjadi bila seluruh gunung es besar di Greenland mencair?
Ketinggian air laut dunia jelas akan naik hingga tujuh meter. Tentu itu ancaman besar bagi penduduk dunia, terutama mereka yang tinggal di daerah pesisir.

20. Apakah kamu tahu berapa derajat kenaikan suhu yang dibutuhkan untuk bisa melelehkan seluruh gunung es di Greenland? Cukup 3 derajat saja dari suhu sekarang. Dengan melihat kondisi kekinian, setidaknya kenaikan itu bisa dicapai dalam waktu 50 tahun ke depan. Dan bila itu sudah tercapai, maka dibutuhkan waktu paling lama 37 tahun untuk melelehkan seluruh gunung es di Greenland.

21. Apakah kamu tahu bahwa es di Kutub Utara kini telah hilang hampir 60 persen dari bentuk semulanya?
Diperkirakan angka itu akan terus bertambah bila saja manusia tidak memikirkan penanganan pemanasan global.

22. Tahukah kamu pada 1979 musim panas di Kutub Utara menunjukkan bahwa Arctic ice memiliki luas sebesar 6,74 juta km’?

23. Apakah kamu tahu pada 2007, musim panas di Kutub Utara menunjukkan bahwa luas Arctic ice berkurang menjadi 2,61 juta km2? Bila hingga tahun 2035 tren ini terus berlanjut maka luas Arctic ice akan menjadi 0 km2, alias benar-benar habis. Itu artinya, habis sudah kelangsungan riwayat manusia di Bumi.

Pustaka
Making Globalization Work
Apakah Kamu Tahu? Serba-Serbi Pengetahuan Umum Oleh M. Zamakh Syarifani

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More