Draf Tata Ruang Prov Bengkulu


Waduh, Jalan Lintas Provinsi Membelah Taman Nasional Kerinci
Rabu, 12 Oktober 2011 15:06 WIB     
 Komentar: 0
BENGKULU--MICOM: Pemerintah Provinsi Bengkulu merencanakan pembukaan dua jalan yang membelah Taman Nasional Kerinci Seblat untuk menghubungkan daerah itu dengan Provinsi Jambi.

"Rencana pembukaan jalan itu menghubungkan dua kabupaten di Bengkulu dan dua kabupaten di Jambi yang akan mengorbankan TNKS," kata Koordinator Aliansi Konservasi Alam Raya (AKAR) Network Barlian di Bengkulu, Rabu (12/10).

Untuk memuluskan rencana tersebut, pemerintah daerah memasukkan usulan pembangunan jalan dalam revisi Rencana Tata Ruang Wilayah yang saat ini menunggu persetujuan Menteri Kehutanan.

Dua jalan tersebut yakni menghubungkan Kabupaten Muko Muko Provinsi Bengkulu dengan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, dimana usulan tersebut disampaikan pemerintah Kabupaten Muko Muko.

"Satu jalan lainnya diusulkan Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu yang menembus TNKS menuju Kabupaten Merangin, Jambi," tambahnya.

Barlian mengatakan rencana pembukaan jalan baru tersebut akan membuat kawasan tersebut semakin terancam sebab akses ke dalam hutan akan semakin luas. Pembukaan jalan itu juga akan menambah daftar masalah atas kawasan yang memicu berbagai macam pelanggaran hukum.

Selain dua jalur tersebut, terdapat tiga rencana pembukaan jalan menembus TNKS yang saat ini sedang dibahas di tingkat pemerintah daerah dan akan diusulkan ke Kementerian Kehutanan.

Tiga jalan lainnya yakni menghubungkan Lembah Masurai (Kabupaten Merangin) menuju Masgo (Kabupaten Kerinci), Kabupaten Bungo menuju Kabupaten Kerinci dan jalan tembus dari Musi Rawas (Sumatra Selatan) menuju Sarolangun (Jambi). (Ant/OL-9) 

1 comments:

Halo pak, drafnya ngak di upload ya?
dari gaek admin: http://www.ulayat.or.id/about

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More