Kawasan utan jadi kebun sawit

Puluhan ribu hektare hutan jadi kebun sawit
Senin, 25 Februari 2013 17:01 WIB
Mukomuko (Antara Bengkulu) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus menyebutkan, selama 11 tahun terakhir sejak 2003 hingga 2013, seluas 48.656,30 hektare kawasan hutan di daerah itu ditebang dan ditanami sawit.

"Keberadaan hutan di daerah ini terus menurun baik luas maupun kualitas, pada 2003 hutan masih seluas 229,265,42 hektare, sekarang hanya 180,609,12 hektare, atau terjadi penurunan seluas 48,656,30 hektare," katanya, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, kawasan hutan di daerah itu mengalami penurunan disebabkan oleh adanya penebangan hutan yang dijadikan perkebunan rakyat yang selanjutnya mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas lingkungan.

Pemerintah setempat kata dia telah berupaya melakukan rehabilitasi hutan dan lahan seluas 925 hektare, sempadan sungai 289 hektare, sempadan pantai 61 hektare, dan sempadan danau 20 hektare.

Kepala Kantor Kesatuan Pengelolaan Kawasan Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Mukomuko Aman Jaya membenarkan jika kawasan hutan yang hilang di daerah itu seluas puluhan ribu hektare karena aktivitas perkebunan.

Perkebunan yang berada dalam kawasan hutan itu, kata dia, selain milik masyarakat juga ada milik pengusaha dari dan luar daerah itu.

Terkait tindakan tegas terhadap para perambah kawasan hutan itu, ia mengatakan, KPHP belum dapat berbuat banyak karena belum ada kegiatan instansi itu untuk memberikan tindakan terhadap perambah tersebut.

"Kita belum ada dana untuk kegiatan itu, karena sampai sekarang instansi ini belum ada peraturan daerah (Perda)," katanya.

Ia menerangkan, dengan tidak adanya perda tentang organisasi KPHP, sehingga instansi itu tidak dapat mengusulkan anggaran baik dalam APBN maupun APBD. (KR-FTO)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More