Eksavator Tambang Ilegal Diamankan

ARGA MAKMUR - Polres Bengkulu Utara menunjukkan keseriusannya mengindak lokasi pertambangan ilegal. Kemarin, polosi mengamankan 1 unit alat berat jenis eksavator dari lokasi tambang batu sungai atau galian C milik Ramadan warga Desa Gunung Selan Arga Makmur Bengkulu Utara.
Dari data yang terhimpun tambang tersebut tidak lagi memiliki izin, lantaran izinnya telah habis sejak 8 Agustus lalu. Bahkan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) sudah mengingatkan pengusaha untuk menghentikan aktivitas tambang, namun tidak diindahkan.
Eksavator jenis Momatshu PC 200 LC diamankan polisi pukul 01.00 WIB dini hari Jumat (20/09). Alat berat tersebut sudah diamankan di Polres BU.
Kapolres BU AKBP. Ahmad Tarmizi, SH melalui kabag Ops AKP. Andi Sumarta, S.IK membenarkan mengamankan alat berat yang beroperasi di lokasi tambang galian C milik Ramadan tersebut.
"Alat berat itu masih sebagai barang bukti, dan kita bawa dari lokasi pertambangan. Kita sudah melayangkan panggilan kepada pengusaha tambang untuk diperiksa terkait aktivitas pertambangan tersebut,"kata Kabag Ops.
Terkait aktivitas penambangan, Kades Senali Wasil Amri mengakui jika hingga sehari sebelum alat berat disita polisi aktivitas pertambangan masih berlangsung seperti biasa, tak hanya angkutan truk batu dari dalam tambang, aktivitas pengambilan batu dari lokasi sungai menggunakan eksavator yang disita polisi juga masih terus dilakukan. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Senali sudah pernah melayangkan surat pada Distamben untuk menghentikan aktivitas pertambangan tersebut dan distamben juga tidak lagi memperpanjang izin karena menilai aktivitas tersebut membuat sawah masyarakat kekeringan.
Kades Tamben BU Ramadanus, SE menegaskan jika aktivitas pertambangan yang dilakukan di lokasi Desa Senali terutama di lokasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) milik Ramadan diatas tanggal 8 Agustus adalah ilegal. Izin yang dikeluarkan Distamben sejak Agustus 2012 sudah berakhir 8 Agustus 2013 lalu.(RB- 21/9)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More