Bakar Lahan Kebun, Pemukiman Berasap

MERIGI KELINDANG - Warga sekitar Merigi Kelindang dan Merigi Sakti, Bengkulu Tengah resah dan mengeluhkan polusi asap tebal yang terjadi beberapa akhir terakhir. Bahkan asap mengganggu penglihatan pengendara dan warga di sekitar titik jalan lintas Susup, Taba Durian Sebakul, Talang Ambung, Lubuk Unen dan Kelindang. Ini disebabkan adanya pembakaran lahan kebun di wilayah Bukit Pudding dan Gunung Bungkuk yang hutannya sudah di tebang 3 hari terakhir yang lalu.


Dijelaskan Slamet warga Lubuk Unen kawasan hutan produksi dijadikan sebagai lahan untuk perkebunan warga. Meski belum ada yang berani membuat kebun dikawasan hutan lindung, tetapi saat pembakaran sering memicu asap tebal. Menurut slamet, pembakaran lahan kebun sering juga meluas ke dalam hutan. Untuk itu, harusnya ada pengawasan yang maksimal dari polisi kehutanan agar titik api tidak membahayakan makhluk hidup dan merusak hutan di wilayah benteng


Sementara itu, Kepala Bidang Kehutanan Distanhutbun Benteng, H Edi Bhaktiar SP mengingatkan warga agar tetap berhati-hati saat membakar lahan kebun. Warga harus menjaga untuk mengatasi ancaman kebakaran di dalam hutan. " Beberapa hari terakhir memang banyak titik api di Benteng ini, mohon kesadaran pemilik lahan untuk menjaga saat membakar lahan kebunnya," tutur Edi.(RB - 6/10/13)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More