Maraknya tambang ilegal.....!!!!

KOTA BINTUHAN – Lemahnya penegakan hukum dan tindakan terhadap penambangan liar di wilayah Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir), membuat masyarakat kecewa. Sebab, para penambang ilegal semakin berani melakukan penambangan di daerah tersebut. Mereka tidak menghiraukan papan larangan yang dipasang Dinas Pertambangan, Polsek Kaur Utara dan Kecamatan Padang Guci Hilir.

Bahkan sejak adanya pemasangan papan tersebut, aksi penambangan semakin berani seakan tidak takut dengan larangan tersebut. Masyarakat setempat menduga  ada oknum tertentu yang membeking para penambang, sehingga meski dinyatakan ilegal namun tetap berani melakukan penambangan.

“Papan merek larangan di tiga titik kuari sudah dipasang. Namun bukannya berhenti malah penambangan makin marak,” terang salah satu tokoh masyarakat Pagulir, Diusman.

Diketahui, sebelumnya tambang di tiga titik di Padang Guci Hilir oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) dinyatakan ilegal. Saat ini Pemda Kaur belum mengeluarkan perda wilayah pertambangan dan wilayah pertambangan rakyat.

Camat Padang Guci Hilir, Drs Jaibadi mengaku pihaknya telah menerima keluhan dari masyarakat. Masalah ini akan dilaporkan kepada pihak terkait untuk dilakukan tindakan. Menurutnya, kegiatan penambangan harus dihentikan sampai ada izin yang jelas. “Kita sudah berulang kali melakukan koordinasi, dan memasang papan larangan. Namun sampai saat ini penambangan masih terus terjadi. Kita minta pihak penegak hukum segera melakukan penertiban,” kata Jaibadi.( RB)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More