Terapantau Satelit, Jalan HL Boven Pernah diberhentikan

 ARGA MAKMUR -  Meski Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu menegaskan jika pelebaran badan jalan yang dilakukannya hanya meneruskan pembangunana lantaran dilokasi memang sudah ada jalan yang tercatat sebagai jalan provinsi. Namun Dishutbun BU tetap mengidikasikan hal tersebut sebagai pelanggaran jika memang tidak disertai izin Menteri Kehutanan. Permasalahannya ditemukannya alat berat di lokasi berada dalam wilayah register 30 Hutan Lindung (HL) Boven Lais.

Kadis Hutbun BU Sahat M Situmorang, AP,MM melalui Kasi Polhut Andi A, SH mengakui sempat ada pembukaan badan jalan beberapa tahun lalu, namun pembukakan badan jalan tersebut langsung dihentikan Kementerian Kehutanan lantaran aktivitas pembangunan terpantau melaui satelit. Pasca diberhentikannya pembangunan yang kini di bangun oleh Dinas PU hanyalah jalan berlumpur dan setapak dipenuhi tumbuhan hutan. Jalur tersebut merupakan jalur yang kerap digunakan para pelaku ILLEGAL LOGGING (Pembalakan Liar) untuk mengangkut hasil hutan.

Dan belakangan ini petugas Dishutbun terkejut saat menerima laporan adanya aktivitas di lokasi HL Boven Lais yang ternyata proyek Pemda Provinsi. Dan dalam waktu dekat ini Dishutbun akan memanggil Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek tersebut untuk menunjukkan kelengkapan surat-surat terutama izin menteri terkait aktivitas dan keberadaan alat berat di wilayah HL tersebut. (RB - 3/10/13)









0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More