LH Temukan Pabrik CPO Tanpa Izin Buang Limbah ke Sungai

MUKOMUKO - Pengawasan Lingkungan yang dilakukan Kantor Lingkungan Hidup (LH) Mukomuko, mereka menemukan ada pabrik kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) yang membuang limbahnya ke sungai tanpa izin dari pemerintah. Pabrik kelapa sawit itu PT BMK yang beroperasi di Kecamatan Pondok Sungguh. Aktifitas diduga sudah dilakukan sejak empat bulan yang lalu.

Terkait hal itu Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Risber A. Razak ditemani Kasi Analisis LH Aprin Pemda Mukomuko akan mengeluarkan surat teguran keras kepada perusahaan itu.supaya secepatnya menghentikan aktifitasnya membuang limbah ke sungai tanpa izin. "Dalam waktu dekat ini kita akan kirim surat teguran. Perintah Bupati, beliau minta supaya segera ditegur,"tegas Riber yang mengaku sudah berkoordinasi dengan Bupati MM.

Katanya temuan itu berasal ari kegiatan rutin tahunan yang dilakukan LH dalam menilai dan mengeluarkan rapor dalam perusahaan pabrik kelapa sawit itu. Sebelumnya Pemda Mukomuko sudah melarang perusahaan ini membuang limbah ke sungai, sayangnya mereka ditemukan kembali membuang limbah ke sungai tanpa mengantongi izin yang dikeluarkan Pemda Mukomuko.

Apapun alasannya tindakakn ini menyalahi Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. "Sanksinya ada 3 jenis, teguran tertulis pembekuan izin dan pencabutan izin. Sesuai petunjuk diberikan teguran tertulis dulu," jelas Riber.

Temuan-temuan lain masih banyak terkait pengawasan mereka pada sejumlah pabrik kelapa sawit di Mukomuko. Namun yang paling fatal merupakan temuan di PT BMK. Risber belum mau merinci apa saja yang melanggar pengelolaan lingkungan hidup. Risber beralasan akan diinformasikan ketika sudah diterbitkan surat teguran. "Nanti akan kita terangkan secara rinci setelah penerbitan surat teguran,"tuturnya. (RB - 20/11/13)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More