Mukomuko beri sanksi perusahaan cemari sungai

MUKOMUKO - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan sanksi teguran kepada pabrik pengolahan minyak mentah sawit yang mencemari sengai di daerah itu.

"Surat teguran yang ditandatangani oleh Bupati telah disampaikan kepada PT. Bumi Mentari Karya (BMK), pabrik pengolangan minyak mentah sawit di Kecamatan Sungai Rumbai," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Mukomuko Rizber A Razak di Mukomuko.

Perusahaan diduga sengaja membuang limbah ke sungai, menurut dia, karena alasannya adanya kegagalan dalam menerapkan sistem aplikasi pembuangan limbah ke darat untuk dijadikan pupuk tanaman sawitnya.

Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, AKBP Wisnu Widarto melalui Kasat Reskrim Iptu Dauglas Mahendraja sebelumnya menyatakan perusahaan pengolahan minyak mentah sawit yang terbukti membuang limbah cairnya ke sungai di daerah itu bisa dikenakan pidana.

Ia mengatakan, Perusahaan yang melakukan itu dapat dikenakan pidana sesuai Undang Undang No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. "Karena perbuatan itu dapat merusak lingkungan dan mencemari sungai di daerah itu,"ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sampai sekarang polisi belum mengetahui dan menerima laporan resmi soal itu dari KLH setempat terkait dugaan perusahaan membuang limbah ke sungai. (ANTARA - 27/11/13)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More