Pelaku ileggalogging melarikan diri

Mukomuko (Antara Bengkulu) - Jajaran Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengamankan sebanyak 127 batang kayu tak bertuan diduga hasil pembalakan liar di daerah itu yang ditemukan di Sungai Selagan, Desa Sungai Ipuh.

"Kami menemukan kayu itu di dua lokasi, sebanyak 32 batang di pinggir Sungai Selagan dan 95 batang di Bendungan Desa Lubuk Bangko," kata Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Wisnu Widarto melalui Kapolsek Kecamatan Teras Terunjam Ipda Budimansyah di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, dugaan sementara batang kayu tak bertuan rencananya mau dijual oleh pemiliknya dengan cara dihanyutkan ke sungai.

Ia menjelaskan, sampai sekarang belum diketahui pemilik ratusan batang kayu tersebut, karena saat ditemukan tidak satu pun saksi yang berada di lokasi kejadian penemuan.

"Kemungkinan pemiliknya sudah mengetahui kedatangan polisi sehingga memilih melarikan diri dan meninggalkan kayu tersebut," katanya.

Namun, kata dia, pihak tetap akan menyelidiki dan meminta keterangan lebih lanjut dari warga dekat lokasi itu, pemilik kayu tersebut.

"Kalau dugaan sementara kayu itu hasil pembalakan liar, tetapi perlu pembuktian kembali dari pemiliknya," ujarnya lagi.

Ia berharap, warga menginformasikan kepada polisi jika mengetahui orang yang sering bermain kayu di wilayahnya.

"Kami butuh peran warga masyarakat di wilayah ini untuk membantu polisi menangkap pelaku pembalakan liar, karena tindakan pelaku itu tidak hanya merusak hutan tetapi lingkungan secara umum," ujarnya.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More