Soal Galian C Ilegal Kembali Dirapatkan

ARGAMAKMUR - Meski sudah pernah dirapatkan, namun hari ini tim gabungan kembali menggelar rapat dengan pembahasan sama yakni rencana penutupan dan penertiban tambang Galian C ilegal terutama sepanjang jalan lintas barat (jalinbar). Kepala Dinas Pertambangan dan Energi ( Distamben ) BU Ramadanus, SE mengakui rapat hari ini layaknya rapat sebelumnya.


"Nanti kita akan minta arahan dari Kapolres seandainya berkenan hadir. Kita ingin menentukan cara penertiban bagaimana yang akan kita gunakan," ujar Ramadanus.


Ramadanus berjanji jika rapat hari ini akan berujung dengan penertiban lebih dari 15 lokasi tambang Galian C ilegal baik tambang pasir dan batu yang beroperasi di BU. Pemda BU sudah mengangarkan dana untuk penertiban tersebut dalam APBD Perubahan 2013.


"Dana yang dialokasikan dalam APBD untuk penertiban, tapi memang kita dahului dengan rapat tim. Yang jelas dalam waktu dekat akan kita tertibkan," kata Ramadanus.


Meskipun likasi tamabang yang akan ditertibkan hampir menyeluruh di tiap kecamatan tetapi yang akan diutamakan penertiban yang beroperasi di jalur jalinbar, terutama di daerah-daerah yang sudah terjadi kerusakan lingkungan, abrasi dan konflik masyarakat. 


"Setelah tuntas di sepanjang jalinbar, baru kita masuk ke dalam kota dan kecamatan lainnya, baik tambang ilegal maupun yang izinnya habis tapi tetap beroperasi," terang Ramadanus. (RB - 21/11/13)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More