Bunga Bangkai Siap Mekar Di Lebong

Uram jaya - Warga di Desa Embong 1 Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong sejak Jumat (21/2), silih berganti mendatangi kebun kopi milik Rolly (58), warga Embong 1. Ini setelah di areal kebun milik Rolly, tumbuh subur Bunga Bangkai setinggi mencapai 2 meter yang nyaris mekar. Temuan tersebut spontan membuat warga sekitar desa menjadi penasaran dan ingin melihat secara langsung bunga yang langka tersebut.
Dikatakan Riki (15), warga setempat yang pertama kali melihat dan menemukan Bunga Bangkai tersebut, dirinya melihat pertama kali pada Jumat (21/2) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, dia bersama bapak dan neneknya baru pulang dari mancing ikan selan (belut sungai). Saat di jalan pulang, dirinya berencana mampir ke ke kebun Rolly yang masih terbilang neneknya tersebut untuk mencari durian yang jatuh.
Saat itu, Riki berjalan-jalan di sekitar kebun yang banyak terdapat batu-batu besar. Tiba di salah satu batu yang cukup besar, ada tumbuhan yang berdiri tegak. Setelah diamati dan diawasi lebih dekat, ternyata tumbuhan tersebut adalah Bunga Bangkai. “Saya baru sekali ini bang melihat Bunga Bangkai yang tumbuh di dekat kebun desa kami. Saya juga tidak sengaja menemukan Bunga Bangkai ini, karena memang niatnya mau mencari durian.
Sementara itu, Kades Embong 1 Tabari juga mengaku dirinya baru pertama kali ini menemukan ada Bunga Bangkai yang tumbuh di perkebunan warga. Tahun lalu juga ditemukan Bunga Rafflesia di wilayah Desa Embong Uram. Itu juga yang pertama kalinya.
“Sepertinya wilayah Kecamatan Uram Jaya ini menjadi tempat tumbuhnya Bunga Bangkai dan Bunga Rafflesia. Apalagi saat ini memang sedang masanya jenis bunga raksasa tersebut sedang mekar. Kita minta warga ikut menjaga dan melestarikan bunga langka ini,” harapnya.(RB/25/02/14)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More