Genesis Bengkulu Lakukan Sosialisasi Pengelolahan Hutan Berbasis Masyarakat Kepada Gubernur Provinsi Bengkulu


presentasiCumaKita- hari ini, Jumat (28/08/2015) yayasan Genesis Bengkulu bersama-sama dengan MFP (Multi-Stakeholder Forestry Programme) melakukan sosialisasi tentang pengelolahan hutan berbasis masyarakat di tiga kabupten di provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Kaur dan kabupaten Bengkulu Selatan kepada gubernur, Hj. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd beserta Kepala Dinas Kehutanan, Ir. Risman Sipayung.

Program Perluasan Wilayah Kelola Melalui Fasilitasi Pengelolahan Hutan Berkelanjutan Berbasis Masyarakat di Bentang Alam Bukit Barisan Provinsi Bengkulu merupakan implementasi dari Permenhut No P.37/Menhut-II dan Permenhut. No : p.88/Menhut-II/2014 Tentang Hutan Kemasyarakatan. Permenhut. No P.53/Menhut-II/2011 dan No : P.89/Menhut-II/2014 Tentang Hutan Desa, Surat Edaran Menhut No. SE.1/Menhut-II/2013 tentang putusan MK No 35-2012 Pengakuan Hutan Hak Adat, dan Permenhut No. P39/Menhut-II/2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Setempat Melalui Kemitraan Kehutanan. Program pengelolahan hutan ini juga menyambut pernyataan dari Gubernur Bengkulu untuk mendukung percepatan distribusi lahan kelola ke petani dan masyarakat adat/lokal ditandai dengan penandatanganan “Deklarasi Mataram”.

gubernur

Melalui kagiatan sosialisasi ini gubernur menyambut baik program pengelolahan hutan yang akan dilaksanakan dalam jangka satu tahun kedepan. “Apapun yang bisa kita lakukan bagi masyarakat akan kita percepat untuk lakukan walaupun waktu saya hanya tinggal tiga bulan lagi” kata pak Junaidi. Dia juga mengatakan bahwa dia sudah menandatangani dua Surat Keputusan (SK) Hutan Kemasyarakatan di tiga desa di Kabupaten Lebong.

Ir. Risman Sipayung mengatakan “program ini sudah ada produk hukum nya yang mengatur, jadi memang harus dilaksanakan. kita juga selalu mendorong untuk kawan-kawan AMAN mendorong untuk pembuatan Perda tentang Hutan Adat tetapi sampai kini belum ada juga”.

Ada tiga rekomendasi yang diharapkan dari sosialisasi ini yaitu adanya Surat Keputusan atau Surat Edaran Gubernur tentang dukungan pemerintah kabupaten dalam fasilitasi kelompok masyrakat mendapatkan alokasi lahan kelola/akses terhadap kawasan hutan kabupatennya, dinas kehutanan ikut serta dalam penataan dan pemetaan wilayah hutan usulan masyarakat, dan dinas kehutanan memberikan rekomendasi terhadap wilayah yang dapat di fasilitasi oleh Genesis Bengkulu dan MFP.

Program yang disampaikan oleh Supin Yohar yaitu Koordinator program di Yayasan Genesis Bengkulu dalam sosialisasi ini diharapkan mampu memperkuat peran serta masyarakat lokal dalam inisiatif penyelamatan kawasan hutan yang masih tersisa yang akan memberikan manfaat ekonomi, ekologi dan sosial secara berkenjutan.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More