Genesis dampingi masyarakat peroleh akses kelola hutan

Mukomuko - Yayasan Genesis Provinsi Bengkulu, melakukan pendampingan terhadap kelompok masyarakat di Kabupaten Mukomuko untuk mendapatkan akses pengelolaan wilayah tertentu dalam kawasan hutan negara.

Aktivis Lingkungan dari Yayasan Genesis Provinsi Bengkulu Suprintri Yosar, di Mukomuko, Sabtu, mengatakan Genesis punya program untuk mendukung program pemerintah terkait dengan pengembangan akses masyarakat terhadap kawasan hutan.

"Kami ingin menguatkan kelompok masyarakat supaya mereka siap bermitra dengan kehutanan dalam mengelola wilayah tertentu dalam kawasan hutan negara," ujarnya.

Bentuk pendampingan dari Yayasan Genesis, sebutnya, membantu menyiapkan usulan sesuai peraturan. Selain itu melakukan pemetaan wilayah dalam kawasan hutan yang diusulkan oleh kelompok masyarakat di daerah itu.

Pihaknya, katanya, sudah berkoordinasi dengan Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) setempat. Guna menanyakan wilayah dalam kawasan hutan yang boleh diakses oleh masyarakat.

Sedang tanaman yang boleh ditanam di wilayah tertentu dalam kawasan hutan, katanya, masih tetap tanaman kehutanan. Salah satu jenis tanaman karet dan pala yang dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

Ia menyebutkan, wilayah tertentu dalam kawasan hutan negara yang boleh diakses tersebut berada di Kecamatan Penarik dan Kecamatan Pondok Suguh.

Di masing-masing kecamatan itu, sebutnya, ada tiga kelompok masyarakat, yakni tiga kelompok masyarakat di Kecamatan Penarik dan tiga kelompok di Kecamatan Pondok Suguh.  

Ia menerangkan, meskipun pemerintah memberikan akses bagi masyarakat untuk mengelola wilayah tertentu dalam kawasan hutan negara, tetapi mekanismenya harus berkelompok. Selain itu harus jelas wilayah diusulkan.

"Wilayah yang diusulkan kelompok masyarakat ini akan diverifikasi oleh kehutanan dan KPHP," ujarnya.

Lebih lanjutnya, ia menjelaskan, fungsi Genesis dalam program pemerintah ini menguatkan kelompok supaya siap menerima program tersebut termasuk bantuan seperti bibit tanaman dari pemerintah pusat.( antara )

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More