Pemkab di minta tidak memberi izin Tambang di hulu Sungai...!!!

Mukomuko - Aktivis lingkungan dari Yayasan Genesis Provinsi Bengkulu meminta Pemerintah Kabupaten Mukomuko tidak memberikan izin pembukaan tambang di hulu sungai di daerah itu.

"Jangan diberikan  izin. Selain itu wilayah untuk cadangan usaha tambang jangan di hulu sungai," kata aktivis lingkungan dari Yayasan Genesis Provinsi Bengkulu Suprintri Yosar di Mukomuko, Selasa.  

Pemerintah Kabupaten Mukomuko sebelumnya mencabut izin sebanyak 11 tambang yang berada di hulu sungai besar Air Manjuto karena berdampak terhadap kerusakan lingkungan.

Menurutnya, meskipun izin sebanyak 11 tambang telah dicabut tetapi tetap saja hulu sungai tersebut berpeluang berdirinya usaha pertambangan.

Karena, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Mukomuko dalam peraturan daerah (Perda) tata ruang wilayah telah menetapkan wilayah tersebut sebagai lokasi cadangan tambang.

"Izin tambang telah dicabut tetapi dalam perda tata ruang wilayah itu, lokasi tersebut tetap wilayah cadangan untuk tambang, jadi tidak tertutup kemungkinan keluar lagi izin baru tambang di wilayah itu," ujarnya.

Untuk itu, katanya, sebaiknya perda tersebut direvisi agar wilayah cadangan untuk tambang dalam perda Mukomuko dilang.

Ia menerangkan, berdasarkan pengalaman di Provinsi Bengkulu, eksploitasi itu pasti merusak lingkungan dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, katanya, aktivitas pertambangan di hulu sungai tidak hanya dapat merusak lingkungan sekitar tetapi juga dapat berdampak terjadi bencana alam banjir.( antara )

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More