Belasan rumah warga Mukomuko terancam masuk sungai



Belasan rumah warga Mukomuko terancam masuk sungai
Senin, 15 Februari 2016 08:27 WIB
Mukomuko  - Sekitar 11 rumah warga Desa Medan Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu yang berada sepanjang daerah aliran sungai (DAS) terancam masuk ke sungai.

"Saat ini dapur rumah warga yang berada dekat DAS Batang Muar sudah mulai retak, setelah itu seluruh bangunan rumahnya," kata Kepala Desa Medan Jaya Agus Wandi di Mukomuko, Minggu.
Ia mengatakan meskipun ada rumah tersebut terancam masuk tetapi masih ada warga setempat yang membangun rumah di DAS di wilayah itu.
Warga juga diminta berpikir tentang aturan yang melarang melakukan aktivitas termasuk membangun rumah di daerah aliran sungai.

 Ia mengungkapkan dulu banyak bangunan rumah warga sepanjang DAS yang nyaris masuk ke sungai. Sejak tebing di sungai dibangun bronjong sehingga rumah warga tersebut terbebas dari longsor.

Akan tetapi, katanya, belum seluruh tebing di sungai itu dibangun bronjong. Kondisinya semakin lama semakin terkikis air sungai tersebut.

"Sekarang mungkin masih aman. Tetapi suatu saat tebing itu semakin berkurang dan mendekat ke pemukiman penduduk," ujarnya.
Untuk itu, ia mengingatkan, warganya agar tidak membangun rumah dekat DAS

                                                                                                                                          (Antara Bengkulu)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More