Galian C Milik Mantan Bup Diduga Rusak Lingkungan



KOTA MANNA – Diduga karena tidak memiliki izin usaha pertambangan (IUP), galian C milik mantan Bupati Bengkulu Selatan (BS) Reskan Effendi yang berlokasi di Siwak Sebiris Kelurahan Ibul Kecamatan Kota Manna, kemarin (9/2) disidak Komisi III DPRD BS. Ini karena masukan dan laporan dari masyarakat kalau galian C milik mantan Bupati BS ini diduga merusak lingkungan.
“Menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait usaha penambangan galian C tersebut, kita langsung melakukan crosscheck lapangan. Hasilnya ternyata galian C tersebut memang memberikan dampak kerusakan lingkungan,” ungkap Ketua Komisi III DPRD BS, Faizal Mardianto, SH.
Dalam sidak tersebut Faizal didampingi langsung seluruh anggota Komisi III DPRD yakni Dodi Martian, S. Hut MM, Drs. Gunadi Yunir, MM. Drs. Dahun Rosyadi, Haswat, H Hatta Endrita, SE, dan H Yadera Suit, ST.
Dalam pantauan anggota dewan, mereka melihat portal yang dipasang warga sekitar di pintu masuk galian C, sebagai bentuk protes atas kegiatan penambangan yang merusak lingkungan tersebut.
Selain itu, dewan menemukan fakta baru atas aktivitas penambangan galian C tersebut. Yakni perizinan yang dikeluarkan Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu Nomor 198 Tahun 2015 tanggal 17 Desember dan ditandatangani Kadis ESDM Drs. Hermansyah Burhan tersebut terbukti melanggar aturan yang ada.
“Dalam perizinannya tertera kedalaman galian antara 1,5 meter hingga 2 meter. Namun setelah kita cek, kedalamannya bahkan sudah mencapai 4 meter. Ini jelas melanggar ketentuan,” tegas Faizal.
Dalam waktu dekat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas ESDM Provinsi Bengkulu guna membahas terkait penerbitan izin operasi usaha galian C tersebut. “Kita akan koordinasi dengan Dinas Pertambangan ESDM Provinsi dalam waktu dekat mempertanyakan dasar penerbitan izin usaha galian C ini,” tegasnya.

Lokasi galian C milik mantan bupati Bengkulu selatan

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More