2 Tambang BB Wajib Buat Jalan Sendiri



Rabu 16 maret 2016
ARGA MAKMUR – Pertambangan Batu Bara (BB) PT Injatama dan PT Indonesia Riau Sri Advantika (IRSA) wajib membuat jalan tambang sendiri untuk melakukan aktivitasnya. Ini jika nantinya Pemda BU membatalkan MoU rehabilitasi jalan kabupaten yang digunakan kedua perusahaan untuk aktivitas pertambangan.
Bupati BU Ir. Mian menerangkan akan membentuk tim untuk melakukan evaluasi soal MoU pembangunan jalan yang tidak terlaksana tersebut. Ia juga menyatakan siap membatalkan MoU jika nantinya kedua perusahaan dinilai tidak bisa menepati janji MoU. “Sekarang kita masih evaluasi. Kalau memang tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan akan kita batalkan,” tegas Mian.
Jika dibatalkan, PT Injatama tidak lagi wajib membangun 11,5 km dan PT. Irsa 10 km jalan kabupaten yang digunakan untuk aktivitas tambang. Namun keduanya, wajib membangun jalan tambang sendiri diluar jalan kabupaten.
“Pembangunan jalan khusus tambang oleh masing-masing perusahaan sudah tertuang dengan Amdal masing-masing, jadi kalau berpatokan dengan Amdal kedua perusahaan ini harus membangun jalan sendiri,” terang Mian.
Pemda BU sendiri sudah pernah memanggil kedua perusahaan terkait berhentikan MoU dan tidak adanya rehabilitasi jalan yang dilakukan oleh kedua perusahaan tambang. Keduanya mengaku jika kedua perusahaan tengah mengalami maslaah keuangan lantaran kondisi harga BB yang melemah. “Kita akan terus pantau kondisi perusahaan, kalau memang alasan tersebut hanya alasan untuk menghindari pelaksanaan isi MoU maka kita juga akan mengambil tindakan tegas,” tegas Mian.

(Harian Rakyat Bengkulu)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More