Ratusan Rumah Terendam Banjir



Jum’at29 April 2016
LEBONG UTARA – Cuaca ekstrim melanda Kabupaten Lebong akhir-akhir ini, memunculkan beragam bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.  Hujan Deras yang melanda sejak pukul 15.00 WIB, Kamis (28/4) menyebabkan air dari Sungai Amen yang melintas dari Desa Talang Ulu- Pasar Muara Aman-Kelurahan Kampung Jawa-Desa Tunggang, meluap.
Luapan air dari Sungai Amen tersebut menyebabkan kurang lebih 150 rumah warga di Desa Kampung Muara Aman, Kelurahan Pasar Muara Aman dan Desa Lebong Donok tergenang air.
Pengamatan RB, ketinggian Air di rumah warga mulai dari setinggi lutut hingga sepinggang orang dewasa. Sungai Amen mulai masuk ke pemukiman sekitar pukul 16.00 WIB WIB dengan ketinggingian air yang hampir meratadi berbagai wilayah di Kecamatan Lebong Utara.
Kepala BPBD Lebong Drs. Syamsul Bahri mengatakan, dari informasi di lapangan, banjir berasal dari melaupnya air amen dan di perparah karena ada Air Kiriman dari Desa Kampung Gandung dan Saringan. Air tersebut Masuk dari Desa Lokasari.
‘’Air dari Lokasari ini selama ini langsung mengalir melalui Sungai  Racun di Samping SMPN1 di Kelurahan Kampung Jawa. Namun kali ini Air mengalir melalui Siring yang ada di Depan Gereja Kelurahan Kampung Jawa dan menyebabkan air cepat meninggi. Tapi hingga saat ini (tadi malam.red), belum ada laporan korban jiwa,’’ kata Syamsul.
Selain Banjir, akibat tingginya curah hujan sore kemarin, juga mengakibatkan bencana longsor di Desa Lokasari Kecamatan Lebong Utara. Longsor tersebut menimpa kandang kambing milik salah satu warga, mengakibatkan 2 ekor kambing mati.
‘’Diwaktu hampir bersamaan, terjadi longsor di Desa Lokasari. Kita berharap masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan degan kondisi cuaca ekstrim dan tidak menentu ini,’’ demikian Syamsul.(dtk)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More