Waraga Ancam Demo lagi CBS



Waraga Ancam Demo lagi CBS

Selasa 10 mei  2016
BENGKULU Setelah sebelumnya melakukan aksi pada Sabtu (7/5), kali ini masyarakat 3 kecamatan yakni Pagar Jati, Merigi Kelindang dan Merigi Sakti mengancam akan kembali mendatangi kembali PT. Citra Buana Seraya (CBS). Hal itu apabila dalam kurun waktu hingga 16 Mei ini Pemda Benteng tak kunjung mencabut izin pertambangan PT. CBS.
“Kita tidak main-main dengan hal ini, kita sudah cukup bersabar menunggu kebijakan pemerintah atas permasalahan yang ditimbulkan PT. CBS. Kami ingin Pemda Benteng mencabut izin penambangan sistem underground yang dilakukan PT. CBS,” kata Koordinator Masyarakat Rejang Gunung Bungkuk, Nurdin kepada RB, kemarin (9/5).
Ada beberapa prinsip yang menjadi penolakan masyarakat terhadap PT CBS, yakni izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) perusahaan tersebut yang cacat hukum. Kemudian operasi penambangan yang dilakukan selama ini tidak ada persetujuan dari masyarakat sekitar.



Pada pertemuan di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu, 15 Januari 2015, sambung Nurdin, masyarakat menolak aktivitas perusahaan tersebut, walaupun ada satu kades yang menandatangani pesetujuan. Namun kades tersebut hanyalah kades dengan status Pejabat Sementara (Pjs). “Walaupun ada tandatangan Pjs Kades , namun itu bukanlah kolektif. Karena seluruh masyarakat menolak tambang itu,” tegas Nurdin.
Sementara Rizal, warga Penembang menyatakan, masyarakat sangat ketakutan dengan tambang underground pola CBS. Ancaman longsor terus menghantui. “Mengingat jarak dan lokasi pengeboran tambang batu bara milik PT CBS hanya 400 meter dari pemukiman warga. Selaku putra daerah, kami tetap menolak rencana ini, sebab mengancam nyawa keluarga kami,” tambah Rizal.
Selain itu, izin lingkungan milik PT, CBS tidak berdasarkan persetujuan warga sekitar. “Bila terjadi geoteknis di dalam terowongan, siapa yang bertanggung jawab. Sementara kami tidak pernah memberi izin,” papar Rizal

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More