51 Kayu Balok Kaleng Dikeluarkan Dari HPT

selasa 7 Juni 2016

MUKOMUKO – Tim gabungan mengeluarkan sebanyak 51 kayu balok kaleng dari total 292 balok kaleng yang dipolice line dalam Hutan Produksi Terbatas (HPT) Air Manjuto. Setelah melalui perjuangan berat, melewati sungai dan medan yang sulit, kayu balok kaleng tersebut berhasil diangkut ke Mapolres Mukomuko, kemarin (6/6).
Seperti dijelaskan Coordinator Office PT SBI Mukomuko, Sugeng Prantyo, S.Hut, saat ini 51 potong balok kaleng itu telah diamankan di Polres Mukomuko yang melibatkan tim gabungan terdiri dari PT SBI, Polres, Koramil, POM Pos Mukomuko, DP3K, serta Polsek V Koto dengan dibantu warga,” beber Sugeng.
Proses pengeluaran kayu, dengan cara dipotong terlebih dulu dan menghanyutkan kayu ke sungai Sekendak. Dengan dipotong kayu tersebut sebab debit air sungai Sekendak saat ini mengecil serta kebanyakan balok kaleng dengan muda tenggelam saat dimasukkan dalam air.
“Chainsaw mini yang digunakan tak mampu memotong jenis kayu yang ada. Makanya hanya dapat dibawa sedikit dari jumlah banyaknya temuan kayu di sekitar kawasan,” kata Sugeng.
Sebelumnya 19 Mei 2016 tim gabungan berhasil menemukan 292 balok kaleng tidak bertuan. Kayu ini, ditemukan di kawasan HPT Air Manjuto, yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).
Setelah sekian lama dibiarkan di dalam hutan, akhirnya sebagian kayu-kayu tersebut, dapat diangkut keluar dan diamankan di Mapolres Mukomuko.


(Harian Rakyat Bengkulu)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More