Ribuan Hektare HL Dirambah

Ribuan Hektare HL Dirambah
Selasa, 14/06/2016 

Kepala Dishut Kabupaten Benteng, Rustam Effendi menegaskan, salah satu langkah yang dilakukannya adalah dengan cara memperketat pengawasan terhadap seluruh kawasan hutan.
Menurut Rustam, berdasarkan dari data yang diperoleh pihaknyadilapangan, dari jumlah total 18.427,6 hektare kawasan HL yang ada di Benteng,  sebanyak 8.628 hektare telah dirambah.
Aksi perambahan ini sebagian besar memang sengaja dilakukan oleh masyarakat untuk memanfaatkan hasil hutan dan pembukaan lahan perkembunan baru. “Saat ini ada sekitar 40 persen kawasan HL sudah dirambah oleh masyarakat,” katanya.
Diakuinya, salah satu yang menjadi kendala saat ini adalah masih sedikitnya jumlah personel Polhut yang hanya berjumlah 22 orang. Tak hanya itu, pencegahan juga sulit dilakukan lantaran para perambah ini bukanlah warga asli Benteng yang hanya datang sejenak untuk mengambil hasil hutan sebelum akhirnya menginggalkan kawasan yang gundul tersebut.
“Tugas kita saat ini adalah mengatisipasi agar aksi perambahan hutan tak meluas. Sementara itu, bagi hutan yang sudah terlanjur dirusak, bersama masyarakat kita akan gencarkan program reboisasi dengan cara menanam pohon pengganti,” ungkap Rustam.

(Bengkulu Ekspress)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More