PGE Sebut Murni Bencana Alam BLHKP Surati Kementerian ESDM

PGE Sebut Murni Bencana Alam BLHKP Surati Kementerian ESDM
Senin 25 juli 2016

TUBEI – Sikap PT. Geotermal Pertamina Energy (PGE) Hulu Lais Kecamatan Lebong Selatan menanggapi aksi unjuk rasa masyarakat pada Kamis (21/7) lalu, berujung panjang. Saat itu PT. PGE menegaskan longsor dan banjir bandang pada 28 April dan 3 Mei lalu, murni bencana alam.
Alhasil pertemuan itu tidak menemukan kata sepakat dan pengunjuk rasa memilih keluar dari pertemuan tersebut dan berencana akan menggelar unjuk rasa kembali. Untuk itulah, Pemda Lebong melalui Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Lebong akan mengambil sikap tegas.

Seperti yang disampaikan Kepala BLHKP Lebong Zamhari Bahrun, MH kepada RB kemarin (24/7). “Surat sudah kita sipakan. Insya allah pekan ini kita antar langsung ke Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Kementrian ESDM,” ungkap Zamhari saat di wawancarai di rumah pribadinya ini.
Dijelaskan Zamhari, dalam kajian yang disusun Tim Geoteknik UGM maupun kajian vulkanologi dan mitigasi bencana Kementerian ESDM hanya memaparkan kondisi Geografis, Geologi dan Faktor Alam. Serta faktor pemicu dan faktor pengontrol terjadinya longsor maupun banjir bandang di Kecamatan Lebong Selatan beberapa waktu lalu.
“Jadi tidak dapat dikatakan longsor dan banjir bandang tersebut murni bencana alam,” tegas Zamhari.

Terpisah, Humas PT. PGE Hulu Lais Lukman HS yang dikonfirmasi via telepon kemarin (24/7) mengatakan, pihaknya mempersilahkan BLHKP melakukan langkah tersebut. Karena mereka tetap berpendapat bahwa bencana tersebut murni karena faktor alam.
“Saya tidak mengatakan Pemda Provinsi atau pusat, tapi pemerintah. Makanya harus juga dipikirkan, kami ini juga merupakan korban dari bencana alam tersebut. Ya kalau mau menyurati pusat, ya silakan saja. Tapi yang jelas dasar kita ada, yaitu hasil kajian (Kajian UGM dan Kementerian ESDM.red),” tutup Lukman.

(Harian Rakyat Bengkulu)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More