PT ABS Serobot Tanah Warga, Wabup : Wajib Ganti Rugi

PT ABS Serobot Tanah Warga, Wabup : Wajib Ganti Rugi

Rabu 20 juli 2016



PINO RAYA -  Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM membuktikan tekadnya untuk memperjuangkan hak-hak rakyat BS. Hal itu dibuktikannya dengan turun langsung ke lapangan, setelah adanya laporan masyarakat, bahwa tanah warga diserobot PT Agro Bengkulu Selatan (ABS) anak perusahaan PT Sinar Bengkulu Selatan (SBS).

Dari laporan warga sudah puluhan hektar tanah warga sudah diserobot bahkan sudah digusur oleh PT ABS dengan menggunakan alat berat. “Saya sudah cek langsung dan tanya warga, ternyata dari laporan warga, pihak PT ABS menggusur lahan warga tanpa musyawarah dan ganti rugi,” katanya usai mengecek langsung lokasi lahan yang sudah digusur warga di Desa Cinto Mandi, Pino Raya.
Menurut Gusnan, dari laporan sementara, dari 1600 hektar lahan yang sudah diberikan izin usaha perkebunan kepada PT ABS, ternyata sudah digarap sebanyak 400 hektar. Namun dari 400 hektar tersebut, ternyata lebih dari 20 hektar lahan warga yang digarap tanpa memberikan ganti rugi.
“Dalam waktu dekat, pihak PT ABS akan saya panggi, jika benar tanah itu milik warga, maka wajib ganti rugi sesuai dengan nilai tanah dan nilai tanam tumbuh diatas tanah tersebut, ” Tandas Gusnan.

Adapun Sapirin (42) salah satu warga pemilik lahan mengaku, tanah yang sudah diserobot PT ABS diantaranya ada miliknya seluas 3 hektar. Jika pihak PT ABS mau mengambilnya, dirinya siap melepas dengan harga Rp 150 juta, namun jika tidak mau dirinya tetap meminta ganti rugi tanaman sawit dan durian yang sudah dirobohkan.

Sementara itu, Kapolres BS, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK mengaku siap memfasilitasi warga mendapatkan hak mereka. Oleh karena itu, dirinya mengimbau warga yang merasa lahannya diserobot PT ABS dapat segera melapor ke Polres BS. Sehingga pihaknya dapat memprosesnya secara hukum. Dengan begitu jelas siapa yang benar dan siapa yang salah.
(Bengkulu Ekspress)

1 comments:

perjuangkan kawan, salam

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More