Bidang SDA Kelola Anggaran Rp 17 M

Bidang SDA Kelola Anggaran Rp 17 M
Kamis 19 januari 2017
MUKOMUKO – Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko akan mengelola anggaran sebesar Rp 17 miliar. Anggaran tahun 2017 itu dengan sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6 miliar dan dari APBD sebesar Rp 11 miliar.
‘’Anggaran Rp 17 miliar itu, akan dipakai untuk kegiatan di tiga bidang. Yakni bidang sungai, bidang rawa serta bidang irigasi,’’ kata Kabid SDA Dinas PUPR Mukomuko, Sunaji, ST, MT.
Salah satu kegiatan penyerapan anggaran baik yang bersumber dari DAK dan APBD bidang sungai, kata Sunaji, yakni untuk pembangunan penanggulangan erosi sungai. Seperti pembuatan serta pemasangan beronjong dan bentuk kegiatan penanggulangan lainnya.
Sementara itu kegiatan bidang rawa, seperti kegiatan pemanfaatan lahan rawa yang tak produktif menjadi produktif. Jika lahan rawa yang selama ini tidak bisa ditanami karena tidak adanya jaringan irigasi, akan dibangun jaringan.
Begitu juga pada lahan rawa yang selama ini jadi ancaman banjir, segera diupayakan penanggulangannya supaya banjir tersebut tidak menggenangi pemukiman masyarakat.
Lalu anggaran untuk bidang irigasi nantinya akan digunakan untuk peningkatan rehabilitasi daerah irigasi yang sudah ada. Tentunya irigasi yang masuk dalam target peningkatan, adalah irigasi yang masuk dan menjadi kewenangan kabupaten.
‘’Itulah beberapa kegiatan yang akan memakai anggaran sebesar Rp 17 miliar itu. Penyerapan anggaran yang nanti akan kita lakukan, jelas berdasarkan skala prioritas sesuai kebutuhan masyarakat,” terangnya.
Sementara untuk pelaksanaan kegiatan fisik, Sunaji mengaku belum bisa memastikan, kapan dilaksanakan. Tapi diperkirakan pekerjaan akan dilaksanakan segera, jika dokumen perencanaan sudah tuntas.
“Kalau keinginan kita perencanaan cepat selesai agar pelaksanaan pekerjaan cepat dilaksanakan. Karena, paket pekerjaannya adalah sistem tender di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Ya, harapan kita semua berjalan baik,” demikian Sunaji.
(Harian Rakyat Bengkulu)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More