BPBD Mukomuko Imbau Warga Waspadai Banjir

BPBD Mukomuko Imbau Warga Waspadai Banjir
Rabu, 1 Februari 2017 00:50 WIB

Mukomuko - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau warga masyarakat setempat mewaspadai bencana alam banjir saat puncak musim hujan selama dua bulan Januari hingga Februari tahun ini. 

"Kita imbau warga waspada karena musim hujan dengan intensitas tinggi dapat memicu bencana alam banjir, termasuk tanah longsor," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ramdani, melalui Supervisor Pusdalop Hitatun A Razak di Mukomuko, Selasa.
Ia menjelaskan, berdasarkan data dari BMKG, pada bulan Januari hingga Februari 2017 merupakan periode puncak musim hujan di Indonesia termasuk di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.
Ia mengatakan, imbauan tersebut disampaikan kepada warga yang berada di lima kecamatan di daerah itu yang rawan banjir, yakni Kecamatan V Koto, Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Kecamatan XIV Koto. 
Banjir tersebut, katanya, berasal dari luapan Sungai Selagan dan Sungai Air Manjuto yang masuk ke pemukiman warga hingga merendam Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).
"Hujan deras membuat debit air di dua sungai ini meningkat sehingga melupa dan merendam 

pemukiman penduduk," ujarnya.
Ia meminta kepala desa dan camat membuat laporan tertulis yang ditujukan kepada bupati kemudian disposisinya kepada instansi itu.
"Kalau ada laporan mempermudah kami untuk melakukan survei ke lokasi," ujarnya.
(Antara Bengkulu)


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More