Kolam Limbah Pabrik

Kolam Limbah Pabrik
Rabu 22 maret 2017
MUKOMUKO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko dalam waktu dekat kembali turun lapangan. Kali ini menyasar kolam penampungan limbah seluruh pabrik Cruide Palm Oil (CPO). Terutama ke pabrik CPO yang sudah beroperasi lima tahun lebih.
Kepala DLH Mukomuko, drg. Robin Linton menyatakan akan menurunkan tim teknis megnkaji kondisi kolam penampungan limbah. Tim teknis ini akan menghitung volume cairan dan endapan limbah di setiap kolam.
Menurut Robin, langkah tersebut untuk mengetahui tingkat kemampuan daya tampung kolam limbah terkini. Sebab kolam limbah cukup rawan meluber atau merembes. Jika itu terjadi, dampak ke lingkungan bakal sulit diatasi dan dicegah.
“Untuk menghindari itulah, kita lihat kondisi sebenarnya di lapangan. Kalau sudah terjadi, kita akan lebih repot. Turun ke lokasi juga bukan tidak percaya dengan laporan yang masuk secara tertulis, tapi untuk memastikan kondisi sebenarnya,” beber Robin.
Robin mengingatkan, perusahaan tidak lengah dengan kondisi kolam limbahnya. Terlebih kini kerap terjadi hujan. Kolam limbah yang sudah dangkal, akan sangat berbahaya ketika musim penghujan. Lingkungan sekitar yang dirugikan dari kelalaian mengontrol kolam limbah.
“Perusahaan harus serius, jangan main-main. DLH tidak akan segan bertindak jika ada perusahaan yang nakal, cuek, tidak peduli dengan kolam limbahnya,” tegas Robin.
(Harian Rakyat Bengkulu)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More